Beliau adalah
seorang hafizh lagi faqih dari kalangan mazhab Maliki. Pernyataan
beliau tentang bid’ah pun memperlihatkan pandangan beliau yang tidak menganggap
semua bid’ah itu dhalalah. Simaklah apa yang beliau katakan:
وَأَمَّا
قَوْلُ عُمَرَ نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ فِيْ لِسَانِ الْعَرَبِ إِخْتِرَاعُ مَالَمْ
يَكُنْ وَابْتِدَاؤُهُ فَمَا كَانَ مِنْ ذَلِكَ فِي الدِّيْنِ خِلاَفًا
لِلسُّنَّةِ الَّتِيْ مَضَى عَلَيْهَا الْعَمَلُ فَتِلْكَ بِدْعَةٌُ لاَ خَيْرَ
فِيْهَا وَوَاجِبٌ ذَمُّهَا وَالنَّهْيُ عَنْهَا وَاْلأَمْرُ بِاجْتِنَابِهَا
وَهِجْرَانُ مُبْتَدِعِهَا إِذَا تَبَيَّنَ لَهُ سُوْءُ مَذْهَبِهِ وَمَا كَانَ
مِنْ بِدْعَةٍِ لاَ تُخَالِفُ أَصْلَ الشَّرِيْعَةِ وَالسُّنَّةِ فَتِلْكَ
نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ
“Adapun ucapan Umar
radhiyallahu ‘anhu, sebaik-baik bid’ah, maka bid’ah dalam bahasa Arab adalah
menciptakan dan memulai sesuatu yang belum pernah ada. Maka apabila bid’ah
tersebut dalam agama menyalahi sunnah yang sudah berlaku, maka ia adalah bid’ah
yang tidak baik, wajib mencela dan melarangnya, menyuruh menjauhinya dan
meninggalkan pelakunya apabila telah jelas keburukan alirannya. Sedangkan
bid’ah yang tidak menyelisihi dasar syari’at dan sunnah, maka itu sebaik-baik
bid’ah.” [1]
Perhatikanlah, dengan berlandaskan pada ucapan Umar bin Khathtab radhiyallahu
‘anhu, beliau menegaskan bahwa bid’ah yang terlarang, yang disifati sebagai
bid’ah dhalalah, adalah bid’ah dalam agama yang menyelisihi sunnah yang
telah berlaku di dalam agama ini. Bid’ah semacam ini harus ditolak, dicela,
dilarang, bahkan pelakunya wajib dijauhi jika memang kesesatannya telah
terbukti dengan jelas. Namun, apabila bid’ah dalam urusan agama itu tidak
bertentangan dengan sunnah yang telah berlaku, maka ia adalah sebaik-baik
bid’ah.
0 comments:
Post a Comment